Informasi Dunia Pendidikan
Tari  

Tari Sigeh Pengunten Berasal dari Lampung sebagai Penyambutan Tamu

Tari sigeh pengunten berasal dari Lampung. Tari ini termasuk sebagai salah satu warisan budaya yang menarik untuk dipelajari. Untuk mempelajarinya, bisa mulai mengetahui dari asal tari sigeh pengunten dan maknanya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki seni tari dengan ciri khas yang berbeda-beda, mulai dari gerakan, musik pengiring, busana, makna yang terkandung, dan lain sebagainya. Dalam artikel ini, \akan dibahas salah satu tari tradisional, yakni tari sigeh pengunten.

Asal Tari Sigeh Pengunten

Tari sigeh pengunten atau sigeh pengunten adalah salah satu tari kreasi baru yang berasal dari daerah Lampung. Tari kreasi baru adalah tarian yang diciptakan dari tari tradisional lalu dipadukan dengan koreografi baru hingga membentuk tarian yang lebih unik.

Asal tari sigeh pengunten terinspirasi dari tari sembah, yakni tarian tradisional asli masyarakat Lampung. Tari sigeh pengunten bahkan sudah diresmikan melalui Peraturan Daerah sebagai tarian Lampung dalam menyambut tamu penting.

Tamu dianggap sebagai raja jadi masyarakat setempat akan menyambut kedatangan tamu penting dengan sebuah tarian khas daerah Lampung tersebut. Dengan begitu, tamu penting akan merasa senang dan terkesan dengan sambutan yang diberikan melalui sebuah tarian.

Representasi Tari Sigeh Pengunten

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa tari sigeh pengunten termasuk tari kreasi baru yang bersumber dari tari sembah asal Lampung. Oleh karena itu, koreografi yang digunakan dalam tarian ini juga mengambil unsur dari berbagai tari tradisional daerah Lampung.

Selain tari sembah, Lampung memiliki jenis tari seni lain yang tidak kalah menarik sehingga budaya Lampung yang beragam akan dipresentasikan ke dalam tari kreasi baru yang satu ini.

Dengan melihat tari sigeh pengunten, maka sudah bisa melihat keberagaman budaya yang ada di daerah Lampung.

Fungsi Tari Sigeh Pengunten

tari sigeh pengunten berasal dari

Fungsi utama dari tari sigeh pengunten adalah sebagai bagian dari prosesi penyambutan tamu dalam berbagai acara resmi, misalnya acara pernikahan. Tarian ini memperlihatkan ekspresi kebahagiaan atas kedatangan para tamu penting di acara tersebut.

Dalam adat istiadat masyarakat Lampung, tari sigeh pengunten ini sangat penting diadakan di beberapa acara penting yang kedatangan tamu. Tanpa adanya tari sigeh pengunten, suasana acara terasa kurang lengkap dan kurang meriah.

Makna Esensial Tari Sigeh Pengunten

Selain fungsi utamanya sebagai tarian untuk menyambut tamu penting, tari sigeh pengunten juga memiliki makna esensial lain yang tidak kalah penting. Tarian ini berfungsi sebagai bentuk penghormatan para tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Sebagai pemilik acara, tentu saja kita berharap para tamu undangan akan hadir tepat waktu dan bisa ikut merasakan kebahagiaan dalam acara tersebut. Kedatangan tamu undangan dalam sebuah acara membutuhkan usaha yang harus kita apresiasi.

Beberapa orang mungkin tidak bisa hadir karena ada prioritas lainnya, maka kita harus menghargai atas upaya para tamu yang datang ke acara tersebut. Oleh karena itu, salah satu cara yang biasa dilakukan adalah menampilkan tari sigeh pengunten.

Para tamu akan merasa senang dan dihargai jika kedatangannya disambut baik, bahkan meriah oleh pemilik acara. Dengan begitu, suasana dalam acara akan terasa lebih menyenangkan dan sesuai harapan.

Gerakan Tari Sigeh Pengunten

Setiap tarian memiliki gerakan unik yang membedakannya dengan tarian yang lain, termasuk tari sigeh pengunten. Lampung memiliki banyak jenis tarian jadi penting untuk mengetahui gerakan sebagai ciri khas yang dimiliki tari Sigeh Pengunten agar lebih mengenalnya.

Tari sigeh pengunten memiliki gerakan yang ramah, luwes dan penuh kehangatan, sesuai dengan fungsi utamanya sebagai tarian untuk menyambut tamu penting. Tariannya cukup dinamis namun sangat terasa luwes dan ramah sehingga nyaman dijadikan tontonan.

Kombinasi Dua Budaya dalam Tari Sigeh Pengunten

Jika sebelumnya kita membahas asal tari sigeh pengunten dalam hal daerah, maka sekarang kita akan belajar tentang asal muasal atau sejarah terbentuknya tari sigeh pengunten. Proses lahirnya tarian ini berkaitan erat dengan realita budaya di daerah Lampung.

Lampung merupakan kawasan yang terdikotomi menjadi Peminggir dan Pepadun dengan ciri khas adat istiadat yang berbeda. Meski begitu, kedua adat tersebut sama-sama merasa paling layak untuk mempresentasikan keberagaman budaya yang ada di Lampung.

Tari sigeh pengunten bisa dibilang sebagai hasil sintesis dari dua identitas kebudayaan di daerah Lampung. Gerakan yang ada di tari sigeh pengunten ini merupakan perpaduan dari gerak tarian adat Pepadun maupun adat Peminggir.

Meski ciri khas adat istiadatnya berbeda, tapi gerakan tari keduanya bisa menyatu hingga menjadi satu kesatuan yang harmonis. Bukan hanya itu, perpaduan kedua budaya di Lampung ini juga menghasilkan tarian yang dapat diterima masyarakat luas.

Aksesori Tari Sigeh Pengunten

Sebelumnya juga sudah dibahas bahwa inspirasi terbentuknya tari kreasi baru ini adalah tari sembah sebagai unsur aslinya. Penonton bisa melihat ciri khas tari sembah pada tari sigeh pengunten dari aksesoris utama yang dikenakan para penari.

1.     Siger

Para penari mengenakan aksesori utama ketika menampilkan tari sigeh pengunten, yakni mahkota berwarna emas yang disebut siger. Mahkota ini sudah menjadi identitas daerah Lampung sehingga akan terlihat budaya Lampung yang lain dalam tarian satu ini.

2.     Tanggai

Bukan hanya itu, para penari juga menggunakan aksesori lain bernama tanggai yang digunakan pada jemari tangannya. Tanggai adalah penutup jari berbentuk kerucut berwarna emas yang membuat setiap gerakan jari terlihat sangat mempesona.

3.     Aksesori Lain

Masih banyak aksesori lain yang biasa dikenakan para penari di tari sigeh pengunten, misalnya pending, kalung buah jukum, gelang burung, gelang kano, papan jajar, dan lain sebagainya. Semua aksesori ini wajib digunakan sebagai busana tari sigeh pengunten.

Tari Sigeh Pengunten di Kancah Internasional

Tarian asal Lampung ini tidak hanya populer di daerah asalnya saja, tapi juga dikenal di tingkat Nasional hingga Internasional. Tidak heran jika banyak warga asing yang mengenal budaya Lampung melalui tari kreasi baru bernama Tari Sigeh Pengunten.

Apalagi dengan ciri khas tari sigeh pengunten yang berbeda dari tarian lain, yakni kuku panjang yang terbuat dari tembaga atau emas. Kuku panjang tersebut semakin memikat penonton ketika penari menggerakkan jemari tangannya dengan lemah gemulai.

Tari sigeh pengunten tidak hanya ditampilkan dalam proses adat saja, melainkan juga ditampilkan di berbagai acara pentas, seperti pentas seni, kebudayaan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, lebih banyak orang yang mengetahui keberadaan tari sigeh pengunten ini.

Sebagai warga Indonesia, sudah seharusnya kita ikut melestarikan tari sigeh pengunten. Tidak harus menjadi seorang penari, tapi bisa berbagi informasi terkait budaya tersebut ke media sosial atau membicarakannya di acara tertentu.

Semakin banyak anak muda yang cinta dan bangga dengan budaya lokal, maka akan semakin disegani kita di kancah internasional. Jadi, gunakan waktu dan usaha sebaik mungkin untuk mengenal asal tari sigeh pengunten.

4.5 average based on 825 votes (Closed)

Leave a Reply

Your email address will not be published.