Informasi Dunia Pendidikan
Tari  

11 Penjelasan Manfaat Orang yang Berpuasa dan Hikmahnya

Jelaskan sesuai pengetahuanmu dua manfaat orang yang berpuasa, maka penjelasannya akan lebih dari itu. Manfaat orang berpuasa tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga emosional dan mental yang baik untuk diri sendiri.

Berpuasa merupakan cara banyak orang melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa hikmah dan manfaat yang bisa didapatkan apabila puasa dijalankan secara rutin maupun periode tertentu.

Hikmah dan Manfaat Orang yang Berpuasa

1.     Bisa Mengatur Waktu

Orang yang berpuasa memiliki keuntungan untuk dirinya sendiri dalam hal mengatur waktu. Dengan kebiasaan berpuasa, kita akan dilatih untuk bisa mengatur jadwal makan dan jadwal ibadah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Itu sebabnya, mereka yang berpuasa lebih disiplin.

Contohnya adalah mengatur waktu untuk makan sahur yang harus dilakukan sebelum adzan subuh. Setiap kali akan berpuasa, tubuh akan dilatih untuk mencerna makanan di jam tersebut. Lama-kelamaan, tubuh menemukan ritme atau waktunya tersendiri untuk bisa teratur.

2.     Rajin Beribadah

Saat puasa, diharuskan untuk hanya melakukan kebaikan meskipun hal terkecil. Contohnya adalah dengan tidak membicarakan orang lain dan bertutur kata lemah lembut. Di siang hari, juga tak hanya menahan lapar dan haus namun juga menahan diri untuk tidak berbuat hal negatif.

Selain itu, ibadah kita di bulan Ramadhan juga biasanya akan meningkat. Seiring dengan hal ini, maka ketakwaan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa juga semakin tinggi. 

Tujuan ibadah menjadi jelas, yakni mencari ridho-Nya. Sambil berpuasa, orang juga akan termotivasi untuk lebih rajin ibadah dari sebelumnya.

3.     Menjadi Lebih Berhati-Hati

Sebagai manusia, siapapun tidak akan pernah luput dari kesalahan. Itu sebabnya, manfaat orang yang rajin puasa akan menahan untuk berbuat sembarangan. 

Ada peringatan yang membuat diri sendiri menjadi lebih patuh karena menghindari perubatan negatif akan memiliki pahala yang berlipat ganda. Pengingat untuk berhati-hati selama berpuasa jauh lebih teringat oleh diri sendiri dibandingkan hari-hari saat tidak berpuasa. 

Setiap orang akan terpancing untuk menjauhi segala larangan, baik dari yang sifatnya didengar, dilihat, atau diucapkan. Sehingga, sikap diri pun menjadi lebih baik saat berpuasa.

4.     Hidup Menjadi Sederhana

Kesederhanaan adalah hal yang paling utama diajarkan ketika seorang manusia berpuasa. Saat makan sahur, kita dituntut untuk makan tidak terlalu banyak. Hal ini bisa memicu masalah di pagi hari seperti perut yang sakit atau bawaan mengantuk. Makan pun harus bisa sesederhana mungkin.

Saat berbuka puasa pun, kita diharuskan untuk bisa berbuka puasa dengan makanan yang sangat sederhana contohnya air putih dan kurma. 

Sambil mencoba gaya hidup yang sederhana, kita juga belajar untuk bisa lebih berempati dengan orang lain yang hidupnya kekurangan terutama dalam hal pangan.

5.     Menurunkan Berat Badan

Apabila menjalankan puasa dengan baik dan benar, manfaat orang yang berpuasa adalah bisa mendapatkan penurunan berat badan. 

Tentu saja pengalaman yang satu ini hanya bisa didapat apabila bisa hidup dengan sederhana, seperti tidak sahur dan berbuka dengan makanan yang manis dan berat berlebihan.

Itu sebabnya, program puasa yang tidak menyangkut dengan kegiatan ibadah pun bisa dijadikan cara untuk menurunkan berat badan. Orang tersebut hanya perlu menjalankan pola makan yang baik dan seimbang saat sahur dan berbuka sehingga berat badan pun menjadi ideal.

jelaskan sesuai pengetahuanmu dua manfaat orang yang berpuasa

6.     Pencernaan Lebih Baik

Bagi mereka yang memiliki masalah dengan pencernaan, puasa bisa dijadikan sarana untuk bisa memperbaiki saluran pencernaan. Masalah ini umumnya berkaitan dengan pola hidup yang tidak sehat dan seimbang.

Dengan begitu, pencernaan pun tidak bekerja dengan baik dan mendatangkan penyakit. Hanya saja, manfaat orang yang berpuasa satu ini hanya didapatkan apabila mereka berpuasa tanpa berlebihan saat makan. 

Dengan menghindari makanan yang mampu memancing penyakit seperti bersantan, berminyak, dan gula berlebih, maka pencernaan pun bisa dilatih untuk terbiasa hidup sehat.

7.     Mengurangi Kolesterol

Kolesterol dengan tipe LDL atau low density merupakan biang dari penyakit yang berbahaya seperti jantung dan darah tinggi. Saat berpuasa, kita dituntut untuk mengurangi berbagai jenis makanan yang berbahaya seperti yang mengandung minyak karena kandungan LDL yang tinggi.

Itu sebabnya, puasa bisa menjaga diri kita dari apa yang disebut ancaman kolesterol yang tinggi. Terlebih lagi jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka risiko terkena penyakit berbahaya pun bisa ditekan. Tubuh menjadi lebih sehat dan taraf hidup di masa depan juga bisa meningkat.

8.     Membantu Mengurangi Racun

Racun dalam tubuh sangat berbahaya apabila tidak melakukan detoksifikasi. Metode detoksifikasi biasanya dengan cara mengatur pola makan dan hanya makan jenis makanan tertentu. Manfaat orang yang berpuasa bagi kesehatan adalah tentu saja mengurangi racun tubuh.

Hanya saja, untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kita perlu belajar untuk memilih jenis makanan yang dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka. 

Misalnya saja dengan sayur dan buah dalam jumlah lebih banyak, maka tubuh terlatih untuk menerima gizi yang baik dan mengusir toksin di tubuh.

9.     Mengatur Kadar Gula

Manfaat orang yang berpuasa pun secara tidak langsung bisa sambil mengatur kadar gula dalam tubuh. Kadar gula yang satu ini menjadi manfaat yang sangat berguna bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit berat seperti diabetes. Tubuh juga tidak mudah lesu saat bekerja di siang hari.

Pasalnya, makan di saat jam sahur akan menuntut metabolisme terjadi tak lama setelah makanan masuk. Setelahnya, kadar gula akan disalurkan ke seluruh tubuh. 

Tidak ada kandungan gula lain yang masuk hingga sore hari, sehingga risiko gula berlebih bisa ditekan dan kadar gula dalam darah seimbang.

10.  Mengatur Emosi

Emosi adalah hal yang paling sering tidak dapat dikontrol. Pasalnya, setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap sebuah masalah. Dengan berpuasa, emosi bisa menjadi lebih terkontrol. 

Setiap orang dituntut untuk tidak menggebu-gebu dengan amarah saat menemukan sesuatu yang tidak disukai. Manajemen emosi ini sangat baik untuk pendewasaan diri. 

Meskipun marah dan emosi negatif lainnya adalah reaksi wajar, namun setidaknya hal tersebut bisa lebih terkontrol. Terlebih lagi setiap orang umumnya lebih banyak bertemu dengan manusia lainnya di siang hari manakala puasa sedang dilakukan.

11.  Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Setiap orang memang memiliki risiko penyakit jantung karena bisa menyerang siapa saja. Hanya saja, mereka yang memang sudah memiliki riwayat penyakit jantung bisa menurunkan risiko untuk terkena kembali atau kambuh dengan berpuasa. 

Dengan catatan, pola hidupnya selalu dijaga dengan baik. Penyakit jantung diakibatkan karena adanya penyempitan pembuluh darah. Pemicunya bisa bermacam-macam, termasuk dari asupan makanan. 

Untuk itu, puasa bisa menekan risiko penyakit jantung yang diakibatkan oleh makanan yang dimakan sehari-hari.

Manfaat orang yang berpuasa sangat banyak dan membantu diri untuk bisa mendapatkan kesehatan lebih baik. Tak hanya secara fisik, namun juga mental dan emosional lebih teratur. Jadi, ada baiknya jika kita berpuasa dalam periode tertentu untuk mendapat manfaat di atas.

4.3 average based on 676 votes (Closed)

Leave a Reply

Your email address will not be published.