Informasi Dunia Pendidikan
Tari  

Tari Rara Ngigel Berasal dari Jogja dengan Gabungan Dua Kebudayaan

Tari rara ngigel berasal dari Jogja termasuk ke dalam jenis tari kreasi atau tari modern yang bersumber dari tarian tradisional tersebut. Hal ini menjadikan tarian ini unik dan menarik. Jika ingin tahu, kenali asal tari rara ngigel berikut.

Seni tari terbagi menjadi tiga kelompok berdasarkan alirannya, yakni tari kreasi, tari kontemporer, dan tari tradisional. Tari rara ngigel termasuk salah satu tari kreasi baru yang dihasilkan dari aransemen tari klasik namun nilai seni yang terkandung masih bertahan.

Asal Tari Rara Ngigel

Seni tari di Indonesia masih terjaga hingga sekarang, termasuk di beberapa daerah yang memiliki tarian tradisional. Bukan hanya tari tradisional, tapi juga bisa menemukan tari kreasi baru yang tidak kalah menarik dari tarian tradisional.

Inspirasi terbentuknya tari kreasi baru juga berasal dari tarian tradisional jadi jangan heran jika akan melihat muatan lokal di dalam tari kreasi baru. Salah satu contoh tari kreasi baru yang sangat kental dengan tradisional adalah tari rara ngigel.

Asal tari rara ngigel adalah Yogyakarta dengan sejarah yang cukup panjang. Seperti yang kita tahu, Yogyakarta memiliki banyak seniman, termasuk penari tradisional. Dari situlah tercipta koreografi yang ditampilkan dalam tari rara ngigel.

Sejarah Tari Rara Ngigel

Secara umum, tari adalah karya seni yang menggambarkan ekspresi untuk mengungkapkan sesuatu supaya bisa dinikmati oleh penonton melalui visualisasi yang mempesona. Suatu tarian akan melibatkan gerak tubuh secara berirama sesuai dengan musik pengiringnya.

Berbicara tentang seni tari maka tidak bisa dipisahkan dengan nama Bagong Kussudiardja sebagai koreografer tari terkenal di Indonesia. Bagong telah menciptakan 200 tari lebih dan tari yapong menjadi salah satunya.

Tidak mau kalah dengan ayahnya, anak dari Bagong Kussudiardja juga memiliki andil dalam menciptakan gerakan di dalam tari rara ngigel. Putri Bagong yang ikut menciptakan tari rara ngigel adalah Ida Wibowo, seorang guru tari terkenal.

  • Tari rara ngigel merupakan perpaduan dari beragam unsur budaya, mulai dari gerakan lembut khas gaya Yogyakarta hingga gerakan khas tari Jawa Barat yang tegas. 
  • Busana tari ngigel juga memiliki ciri khas tersendiri, yakni berasal dari perpaduan antara budaya Jawa dan Cina.

Tari kreasi baru ini bercerita tentang kehidupan seorang gadis yang sedang beranjak dewasa. Meski tari ini menceritakan tentang kehidupan seorang gadis, tapi bukan hanya penari wanita yang dilibatkan dalam tarian ini, tapi juga para penari pria yang kemudian berpasangan.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti berapa jumlah penari yang diharuskan dalam menampilkan tari rara ngigel. Hanya saja, tari rara ngigel membutuhkan penari wanita dan pria yang berpasangan namun tidak ada aturan khusus mengenai jumlahnya.

Makna Tari Rara Ngigel

Bukan hanya tari tradisional yang memiliki makna berarti, tapi juga tari kreasi baru yang satu ini. Tari rara ngigel menceritakan kehidupan seorang gadis yang beranjak dewasa di mana kehidupan tersebut sangat dinamis.

Kehidupan dinamis tersebut digambarkan dari gerakan tarian yang beragam, mulai dari gerakan lembut sebagai simbol kelembutan si gadis serta gerakan yang tegas sebagai simbol semangat dan pengorbanan gadis ketika masa dewasa.

Kehidupan seorang gadis sangatlah dinamis, terkadang sedih, senang, semangat, putus asa dan lain sebagainya. Kehidupan dinamis seorang gadis inilah yang akan digambarkan melalui gerakan-gerakan dari tari rara ngigel.

Fungsi Tari Rara Ngigel

Tari rara ngigel yang berasal dari Yogyakarta ini memiliki beberapa fungsi di dalamnya, yakni menggambarkan seorang gadis yang beranjak dewasa dengan bahagia Tarian ini menjadi sebuah hiburan bagi para penontonnya dan ditampilkan dalam pertunjukan atau pentas seni.

Selain itu, tari rara ngigel juga menjadi kesenian dan kekayaan budaya khas Yogyakarta yang harus dilestarikan hingga sekarang. Dengan fungsi yang cukup luas, tari rara ngigel semakin dikenal masyarakat luas karena banyak ditampilkan pada beberapa pertunjukan.

Tari rara ngigel sering menjadi bagian dalam beragam acara yang diadakan, seperti pentas seni atau panggung acara lainnya. Selain melakukan fungsinya, cara ini juga menjadi cara untuk melestarikan budaya yang dimiliki Indonesia.

Pelaksanaan Tari Rara Ngigel

1.     Gerakan Tari Rara Ngigel

Tari rara ngigel memiliki keunikan tersendiri pada gerakan yang ditampilkan oleh penari di mana ada perpaduan unsur budaya Yogyakarta dan Jawa Barat. Tarian khas Yogyakarta bersifat lemah lembut, sedangkan tarian khas Jawa Barat bersifat tegas dan patah-patah.

Perpaduan kedua unsur budaya ini mampu membuat tari rara ngigel menjadi lebih menarik untuk dilihat. Apalagi tarian ini tidak diiringi oleh puisi maupun nyanyian, jadi para penonton bisa lebih fokus melihat tarian yang hanya diiringi oleh alat musik berupa gamelan khas Jawa.

2.     Pola Lantai Tari Rara Ngigel

Membahas asal tari rara ngigel tentu tidak terlepas dari pola lantai yang digunakan. Tari rara ngigel menggunakan pola lantai melengkung dan horizontal sehingga mampu menciptakan gerakan yang lebih dinamis.

Pola lantai melengkung yang digunakan pada tari rara ngigel terbagi menjadi pola lantai melengkung ke luar, pola lantai berbentuk lingkaran, pola lantai membentuk angka 8, dan pola lantai melengkung dalam.

Sedangkan, pola lantai horizontal berbentuk garis lurus ke samping kiri dan kanan di mana para penari saling berhadapan. Sebagian penari menghadap ke belakang dan sebagian penari lainnya menghadap ke depan.

3.     Pengiring Tari Rara Ngigel

Seperti yang sudah disebutkan, tarian ini tidak menggunakan puisi atau nyanyian, melainkan gamelan Jawa. Setiap gerakan yang ditampilkan menyesuaikan dengan ketukan dan suara dari gamelan sehingga menciptakan harmonisasi antara gerakan dan gamelan Jawa.

Alat khas Yogyakarta ini digunakan untuk menciptakan nuansa yang lebih tradisional, misalnya alat musik bonang, kendhang, kenong, gambang, slenthem, demung, dan saron. Setiap alat musik tersebut menghasilkan suara khas yang saling berpadu dengan harmonis.

4.     Busana Tari Rara Ngigel

Bukan hanya dari gerakan dan pengiringnya, tari rara ngigel juga memiliki daya tarik dalam hal kostum atau busana. Busana yang dikenakan oleh penari dalam tari rara ngigel merupakan kombinasi dari budaya Jawa dan Cina yang sangat memukau.

Busana khas Jawa terlihat dari kebaya dan jarik yang dikenakan para penari, sementara budaya Cina terlihat dari tusuk konde yang dikenakan di kepala penari. Ciri khas lain dari busana tari rara ngigel adalah warna yang cerah, misalnya pink.

Untuk menyempurnakan penampilan penari saat menari rara ngigel, diperlukan riasan wajah yang memperlihatkan semangat penuh.

5.     Properti Tari Rara Ngigel

Persiapan sangat penting sebelum menampilkan tari rara ngigel agar semua keperluan tersedia dengan baik. Sebelum menampilkan tarian ini, pastikan mempersiapkan properti yang dibutuhkan, seperti kain tapih, busana, tusuk konde, dan sanggul.

Jika semua properti yang diperlukan sudah siap, maka penari bisa menampilkan tarian ini di hadapan penonton. Jangan lupa untuk mengenal asal tari rara ngigel dan hal lain yang berkaitan agar semakin memahami makna yang terkandung pada tarian yang satu ini.

4.5 average based on 438 votes (Closed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *