Informasi Dunia Pendidikan
Tari  

8 Orang Spanyol Penjelajah Samudra Pertama dan Sejarahnya

Orang Spanyol yang memprakarsai penjelajahan samudra pertama kali adalah Columbus. Bangsa Portugis dikenal sebagai pelopor penjelajahan samudra pertama pada 1486 M. Bukan hanya Portugis yang menjadi penjelajah pertama, ada juga orang Spanyol penjelajah samudra pertama.

Pada 1453 M, Spanyol mengalami kesulitan ekonomi terparah sejak jatuhnya Konstantinopel sehingga mereka bertekad untuk menemukan dunia baru dan mencari kekayaan. Berikut ini akan diulas beberapa tokoh Spanyol yang menjadi penjelajah samudra pertama.

Daftar Orang Spanyol Penjelajah Samudra Pertama

Para penjelajah Spanyol memiliki julukan sebagai penakluk atau conquistadors karena mereka melakukan pelayaran dengan ambisi penuh. Beberapa dari mereka bahkan harus melakukan peran untuk mendapatkan kehormatan atau kekayaan lebih.

orang spanyol yang memprakarsai penjelajahan samudra pertama kali adalah

1.     Christopher Columbus

Sebenarnya, Columbus adalah penjelajah berkebangsaan Italia tapi semua perjalanan yang dilakukannya didanai dan berada di bawah bendera Spanyol. Perlu diketahui bahwa Columbus ini adalah orang pertama yang memprakarsai penjelajahan samudra dari Spanyol.

Columbus telah melakukan empat kali penjelajahan dari Spanyol melintasi Samudra Atlantik pada akhir abad ke-15. Pelayaran yang dilakukan Columbus bertujuan untuk menemukan rute dari Eropa ke Asia.

Dalam melangsungkan tujuannya ini, Columbus justru sampai di dunia baru yang kita kenal sekarang dengan sebutan Amerika. Nama Columbus memang terdengar familiar karena ia dikenal sebagai penemu Benua Amerika ketika melakukan pelayaran.

Pelayaran yang dilakukan Columbus menjadi tanda masuknya awal abad kolonisasi lintas Samudra Atlantik. Sejak saat itu, bangsa Eropa mulai berdatangan ke Benua Amerika dengan tujuan membangun koloni.

2.     Amerigo Vespucci

Beberapa penjelajah memang bukan asli Spanyol, termasuk Amerigo Vespucci yang merupakan seorang pelaut asal Italia. Meski begitu, Amerigo Vespucci memilih berlayar untuk Raja Spanyol dan memulai penjelajahannya ke Samudra.

Keinginan Vespucci untuk menjelajah Samudra muncul pertama kali setelah ia bertemu dengan Columbus pada 1496 M. Seperti yang sudah disebutkan, Vespucci sebenarnya lahir dan besar di Italia, tapi kemudian ia dinaturalisasi menjadi warga Spanyol di tahun 1505 M.

Tiga tahun berikutnya, Vespucci diberi tanggung jawab sebagai master navigator Spanyol. Tugasnya adalah merekrut dan melatih navigasi lain serta mengumpulkan informasi terkait eksplorasi Dunia Baru yang akan dikunjungi.

Nama Amerigo Vespucci kemudian diabadikan menjadi nama benua Amerika sebelum ia akhirnya meninggal.

3.     Ferdinand de Magelhaens

Ferdinand Magellan juga sering disebut dengan nama Fernando de Magelhaens. Sebenarnya, Fernando merupakan penjelajah asal Portugis tapi ia justru lebih dikenal setelah berlayar atas nama Spanyol jadi ia juga dikenal sebagai penjelajah Spanyol.

Sebelumnya, ia pernah ikut pelayaran bangsa Portugis pada awal abad ke-16. Hanya saja, tekadnya untuk memimpin ekspedisi ke pulau rempah-rempah mendapat penolakan dari Raja Manuel I sehingga Fernando mencari dukungan kepada raja Spanyol.

Sejak saat itulah Fernando mulai berlayar di bawah bendera Spanyol atau tepatnya mulai tahun 1519 M. Oleh karena itu, Fernando dikenal sebagai orang spanyol penjelajah samudra pertama.

Ia berlayar menjelajahi berbagai kawasan, mulai dari Eropa hingga Samudra Atlantik dan Pasifik, bahkan mencapai Asia.

4.     Sebastian del Cano

Awalnya, Sebastian del Cano ambil bagian dalam penjelajahan Ferdinand Magellan sebagai seorang navigator Spanyol. Suatu ketika, Magellan yang bertugas sebagai pemimpin ekspedisi meninggal dunia di Filipina sehingga mengubah rencana penjelajahan.

Del Cano yang pada saat itu ikut dalam penjelajahan Magellan dijadikan pemimpin armada Spanyol hingga pelayaran kembali ke negerinya. Sejak saat itulah del Cano dikenal sebagai pelaut Eropa pertama yang berhasil mengelilingi dunia karena suatu insiden tidak terduga.

Dalam perjalanannya kembali ke Spanyol, del Cano sempat berkunjung di Indonesia atau tepatnya di Maluku. Jadi, ketika belajar tentang sejarah Indonesia, maka akan menemukan nama Sebastian del Cano dalam sejarah Maluku khususnya.

5.     Hernan Cortes

Pasti sudah tidak asing lagi dengan nama penjelajah satu ini. Orang Spanyol penjelajah samudra pertama yaitu Hernan Cortes. 

Hernan Cortes merupakan seorang penjelajah yang menaklukkan Kekaisaran Aztec sesudah membunuh Kaisar Montezuma. Ia diberi tugas mengklaim Meksiko untuk Spanyol. 

Ketika berusia 19 tahun, Hernan Cortes berlayar untuk pertama kali dengan membawa armada Spanyol menuju Semenanjung Yucatan dari Kuba. Semenanjung Yucatan berada di Teluk Meksiko dan Hernan Cortes berlayar pada tahun 1519.

Selama hidupnya, Hernan Cortes sudah menaklukkan kawasan yang hakikatnya berukuran sebuah benua. Penjelajah ini tidak hanya berkeliling dan menemukan samudra, tapi juga menancapkan pengaruh bahasa, agama, dan kebudayaan dari kawasan taklukkannya.

6.     Francisco Pizarro

Pelaut Spanyol lain yang tidak kalah populer dalam menjelajahi Samudra adalah Francisco Pizarro. Pelaut yang satu ini pernah menjelajahi pantai barat Amerika Selatan dan berhasil menaklukkan Peru pada tahun 1532 M.

Selama proses penaklukkan tersebut, Pizarro membunuh Kaisar Inca terakhir, Atahualpa lalu membangun ibu kota baru yang bernama Lima di mana sekarang Lima menjadi ibu kota dari Peru.

Sepanjang penaklukkan ini, Pizarro mendapatkan banyak keuntungan berupa harta. Sayangnya, ia kemudian dibunuh oleh musuh-musuhnya di Lima yang merupakan ibu kota baru yang didirikannya sendiri.

7.     Vasco Nunez de Balboa

Pada 1513 M, penjelajah asal Spanyol yang bernama Vasco Nunez de Balboa menemukan Samudra Pasifik. Ia juga mendirikan pemukiman Eropa pertama di Amerika Selatan atau tepatnya Kota Darien di Panama.

Belum sempat menjelajah ke area yang lebih luas, Vasco Nunez de Balboa justru meninggal dunia 6 tahun setelah menemukan Samudra Pasifik atau tepatnya di tahun 1519 M. Ia meninggal di tangan Darian, gubernur baru yang ditunjuk oleh raja Spanyol.

Dengan waktu yang singkat tersebut, Vasco Nunez de Balboa belum sempat menjelajahi Samudra Pasifik atau kawasan lain lebih jauh, tidak seperti penjelajah lain yang juga berasal dari Spanyol.

8.     Juan Ponce de Leon

Pelaut Spanyol terakhir yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah Juan Ponce de Leon. Pelaut ini berlayar menyusuri Puerto Rico pada tahun 1508 M setelah mendengar kabar jika area tersebut menyimpan emas dalam jumlah yang begitu besar.

Siapa yang tidak tergiur dengan harta karun di depan mata seperti ini? Itulah mengapa Leon kemudian pergi ke Puerto Rico. Setelah menaklukkan kawasan tersebut, Leon kemudian ditunjuk menjadi Gubernur Puerto Rico pertama oleh raja Spanyol.

Sebelumnya, Leon merupakan petugas di Istana Aragon jadi ia memiliki keterampilan di bidang militer. Dengan keterampilan itulah, Leon mengendalikan orang-orang Karibia dan menaklukkan kawasan tersebut.

Selama penelusurannya ini, Leon juga dikenal sebagai orang Eropa pertama yang memimpin ekspedisi ke Florida untuk pertama kali sehingga nama Juan Ponce de Leon sangat populer di buku sejarah, khususnya pelayar Spanyol.

Orang Spanyol penjelajah Samudra pertama tidak melulu berasal dari negara Spanyol, tapi bisa juga karena diberi tugas oleh raja Spanyol. Kisah ini membuat kita semakin bersemangat untuk eksplor lebih jauh berbagai kawasan yang ada di Indonesia. 

4.2 average based on 619 votes (Closed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *